04 March 2014

teaching on the battlefield

mulai minggu lalu gue udah mulai ngajar pramuka di sd. rasanya tuh capek banget.. well, my scadule are very tight and the assigment keeps coming over and over. I think I need more days to rest. anyways, yang mau gue ceritain adalah pengalaman gue gimana ngajarnya. you know that until now I have 0% feel to become a teacher. dan kemaren pas ngajar gue rasanya ya enjoy-enjoy aja... tapi bukan berarti gue pengen jadi guru juga. tapi ya pada dasarnya gue kan suka banget kalo ngomong diperhatiin orang banyak. hal ini terjadi aps ngajar. gue rasanya seneng banget ada di depan kelas terus ngajarin mereka sesuatu yang bikin mereka tertarik.
but there's a little problem. the teaching method. pembina di sana bilang gini:
"kita harus jadi penentu segala sesuatu yang akan diterima anak. bahkan anak ga boleh milih permainan yang mau mereka mainin. mereka tugasnya cuma mendengar. cuma 2 pilihannya, kita yang ngajar anak atau anak yang ngajar kita."

begitu denger kata-kata itu gue langsung bener-bener benci sama cara ngajar kayak gitu. if I want to be a teacher, I wanna be the teacher that always consider my student choice. komunikasi itu 2 arah, bukan cuma 1 arah. inilah yang bikin aku pengen sedikit (like 0,000009%) jadi guru. aku pengen ngubah persepsi banyak orang kalo sekolah formal itu yang penting cuma 'nyekokin' anak pelajaran-pelajaran dan bikin mereka pinter. BIG NO! sekolah itu tujuannya ngebimbing anak untuk dapet ilmu yang cukup buat masa depan mereka. hasil dari pe-'nyekok'-an masal di masa lalu itu ya orang-orang kayak aku. kita bisa ngikutin pelajaran, tapi sampe gede kayak gini masih ga tau mau jadi apa nanti. jadi, ayo rubah persepsi guru-guru dan yang paling penting sih calon-calon guru.
No matter what, where and how teacher deliver the book, learning will always be a fun job if the student participate in the teaching method!

No comments:

Post a Comment