25 March 2014

teaching on a battlefield part 2

so, this is about teaching on a battlefield (again).. kemaren, as a typically Monday, kita kembali ngajar pramuka. aku sih udah ngerasa enjoy buat ngajar. anak-anaknya juga udah kenal sama kita, jadi kita udah mulai kerasan dan mereka udah nerima kita. tapi, yang jadi masalah lagi-lagi adalah pembinanya. ada beberapa masalah yang jadi pokok utama kemaren:
#1 ternyata anak-anak itu pada uts kemaren. banyak anak yang nanya: "bunda, kok ada pramuka? biasanya kalo uts ga ada" (anyway, if you confused why they called us bunda, itu udah peraturan pramuka gitu. kalo nanda-nanda siaga harus panggil pembinanya bunda sama yahnda). terus tanyalah kita ke pembinanya. dan reaksi dia malah negatif dan dia masuk ke kelas sambil ngomong "siapa bilang kalo uts ga ada pramuka? siapa yang gak mau latihan keluar sekarang" *jleb* dalam hati aku langsung ngomong "mampus ini kita salah ngomong". jujur aja aku ga respect sama orang kayak gitu. meskipun pramuka juga penting (well, for some people-not me-) tapi sekolah itu jaaauuuuh lebih penting. kalo emang mereka harus tetep latihan, kita kan bisa mulangin mereka lebih cepet supaya mereka bisa belajar. kan kasian kalo mereka capek terus ga bisa belajar.
#2  anak-anak yang penggalang itu materinya tali temali. nah, banyak di antara kita yang ga bisa tali temali itu kayak apa. mereka berusaha semaksimal yang mereka bisa. tapi si bapak yang emang dasarnya rese ini malah ngetest mereka. dia nyuruh anak-anak nanya ke mereka yang mereka ga bisa. habis itu pas evaluasi mereka dikritik habis-habisan. ini gak fair banget. gak semua orang yang jadi pembina tau kayak apa materinya. bahkan aku aja ga pernah dapet pramuka dan sekarang harus ngajar anak-anak sesuatu yang aku baru tau waktu ikut KMD.
#3 hal ini yang paling aku ga suka dari beliau. dia dengan santainya ngerokok di lingkungan sekolah. mungkin emang itu situasinya udah sore, murid udah pada pulang, bla bla bla. tapi itu semua ga bisa dijadiin alasan buat ngerokok di sekolah. seorang pendidik itu harusnya bisa jadi teladan yang baik. dia ga nyadar apa, bau rokoknya itu bisa kecium? mau jadi apa kalo guru-guru semuanya kayak gitu?


ya, I'm just revealing my disappointment at school that I teach.. semoga aja teman-teman yang mau jadi guru (ceilaah udah berubah pikiran nih ceritanya) pada berpikiran yang sama.. iya keinginan aku untuk jadi guru udah bertambah jadi 1,99999%.. I want to be a teacher to change people's old teaching method. we can be a better teacher for the future!

No comments:

Post a Comment